Minat Warga +62 Beli Rumah di Atas Rp 1 M Naik 62%

Jakarta – Minat masyarakat untuk membeli hunian di atas Rp 1 miliar terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Dalam hal ini, marketplace properti Rumah.com mencatatkan peningkatan sebesar 62% dibandingkan kuartal sebelumnya pada kuartal I 2023 ini.
Informasi ini disampaikan oleh Country Manager Rumah.com Marine Novita berdasarkan atas Indonesia Property Market Report Kuartal I 2023. Ia mengatakan, permintaan properti di atas Rp 1 miliar semakin tinggi dari waktu ke waktu dalam tiga tahun terakhir ini.

“Menurut data rumah.com, peminatan rumah diatas Rp 1 miliar per kuartal I 2022 kemarin itu meningkat di atas angka 62%. Cukup surprising juga bagi kami selaku properti portal,” kata Marine dalam Indonesia CEO & Leader Forum 2023 by Rumah.com, di The Langham Hotel SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

Lebih lanjut Ia menambahkan, berdasarkan laporan tersebut, tercatat semua indikator menunjukkan pemulihan dari musiman akhir tahun sepanjang kuartal I 2023. Pertumbuhan ini didukung oleh kepercayaan konsumen yang terus meningkat pasca Pandemi COVID-19.

READ MORE

“Indonesia memasuki dunia pasca-pandemi dengan tingkat dengan tingkat kepercayaan akan kestabilan yang tinggi. Indonesia terbukti tangguh menghadapi turbulensi di tahun 2022,” ujarnya.

Baca juga:
Harganya Bukan Level Miliaran, Inikah Rumah Termahal di Indonesia?
Salah satunya terlihat dari permintaan apartemen yang turut meningkat, tumbuh 15% dari kuartal ke kuartal lebih baik daripada minat permintaan untuk perumahan, di tengah pertumbuhan harga yang stagnan dibandingkan dengan wilayah Jabodetabek lainnya.

“Untuk peminatan sendiri apartemen tumbuh, yang mencari meningkat 15% quartal-to-quartal. Yang mencari landed house increase juga, tapi 13%,” imbuhnya.

Marine mengatakan, khusus di DKI Jakarta, pertumbuhan minat pencari apartemen tertingginya terjadi di Jakarta Selatan dengan porsi sebesar 38%. Kemudian diikuti dengan Jakarta Utara 20%, Jakarta Timur 19%, Jakarta Pusat 18%, serta Jakarta Barat 5%.

Tidak hanya itu, Rumah.com juga mencatatkan adanya peningkatan dari indeks harga dan pasokan properti residensial, yakni adanta kenaikan tahunan moderat masing-masing sebesar 5,8% dan 6,8%, pada kuartal keempat tahun 2022.

Berkaca pada perkembangan ini, Marine optimis ke depan industri properti akan mengalami perkembangan yang pesat. Apalagi mengingat bahwa 2024 merupakan tahun politik, di mana industri akan terdongkrak naik seiring dengan peningkatan proyek infrastruktur.

“Menjelang tahun pemilu, masyarakat Indonesia mengalami dan merayakan banyak pembangunan infrastruktur baru, perubahan ibu kota, dan sarana mobilitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Kami siap dan antusias untuk menikmati gaya hidup baru dan penawaran dari pengembang yang inovatif,” ujarnya.

Simak juga Video: Usai Viral, Rumah Dokter Wayan Jadi Tempat Wisata Dadakan

Baca artikel detikfinance, “Minat Warga +62 Beli Rumah di Atas Rp 1 M Naik 62%” selengkapnya¬†https://finance.detik.com/properti/d-6723914/minat-warga-62-beli-rumah-di-atas-rp-1-m-naik-62.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Want to say something? Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare